• Azka Kage
  • Azka Kage
  • Azka Kage
  • Azka Kage

Partners

Azka Kage | Creative No Plagiat Azka Kage | Creative No Plagiat Azka Kage  | Creative No Plagiat Azka Kage | Creative No Plagiat Azka Kage | Creative No Plagiat
Selasa, 01 Desember 2020

Tugas 5 SIP (Sistem Informasi Psikologi)


Artificial Intelligence

Melansir dari Merdeka.com (Lararenjana) menuliskan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence adalah salah satu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia, bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Aplikasi atau program kecerdasan buatan dapat ditulis dalam semua bahasa komputer, baik dalam bahasa C, Pascal, Basic, dan bahasa pemrograman lainnya.

 

Dicoding.com menjelaskan bahwa, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia. Sedangkan menurut Mc Leod dan Schell, dalam (Dicoding.com ) kecerdasan buatan adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia.

 

Dengan kata lain AI merupakan sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

 

AI sendiri merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan, sama seperti manusia. AI membutuhkan pengalaman dan data supaya kecerdasannya bisa lebih baik lagi. Poin penting dalam proses AI adalah learning, reasoning dan self correction. AI perlu belajar untuk memperkaya pengetahuannya. Proses belajar AI pun tidak selalu disuruh oleh manusia, melainkan AI akan belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman AI saat digunakan oleh manusia.

 

Tujuan dari artificial Intelegence (AI) antara lain yaitu:

·      Bisa membantu pekerjaan manusia seperti contohnya program atau sistem buatan manusia adalah robot yang sudah ada di super market yang dapat berbicara dan memberikan pelayanan seolah seperti manusia.

·      Membuat mesin menjadi lebih pintar, contohnya adalah komputer yang dulu hanya dapat mengetik saja, namun seiring dengan perkembangan zaman maka komputer juga dapat dipakai untuk chatting, bermain game dan lain sebagainya.

·      Membantu menyelesaikan masalah, seperti contohnya komputer mempunyai program kalkulator yang mana didalamnya dapat memecahkan masalah perhitungan dari hitungan biasa hingga hitungan logika, menjadikan dalam tahap ini kecerdasan buatan bisa berguna sekali untuk banyak orang

 

Contoh penggunaan AI

Sistem Pakar Diagnosa Depresi Mahasiswa Akhir Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Mobile

 

Berfokus pada data (SIA/EDP)

Depresi adalah emosi yang datang ditengah ketidakberdayaan, kegagalan individu, dan datang saat individu berusaha untuk mendapatkankekuasaan yang belum dapat direalisasikan. Depresi adalah perasaan sedih, pesimis, dan merasa sendirian yang merupakan bagian dari depresi mayor dan gangguan masalah mood lainnya. Depresi adalah suatu perasaan kesedihan yang psikopatologis, disertai perasaan yang sedih, kehilangan minat dan kegembiraan, berkurangnya energi yang menuju kepada meningkatnya keadaan mudah lelah yang sangat nyata sesudah bekerja sedikit saja, dan berkurangnya aktivitas yang bisa jadi menandakan adanya gangguan kesehatan.

 

Berfokus pada pendukung keputusan (SPK)

Metode Certainty Factor merupakan metode yang mendefenisikan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan, untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi,dengan menggunakan Certainty Factor ini dapat menggambarkan tingkat keyakinan pakar.

 

Berfokus pada konsultasi (Sistem pakar)

Sistem pakar akan lebih berfungsi ketika dipadukan dengan kemajuan teknologi, salah satunya yaitu android. Androidadalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middle-ware, dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka.

Activity Program

 

User Interface





 

Sumber :

Supiandi A., Damar B. C., (2018). Sistem pakar diagnosa depresi mahasiswa akhir dengan metode certainty factor berbasis mobile.   Jurnal Informatika. Vol. 5,  No. , 102 – 111.

Merdeka.com. (13 Agustus 2020). Artificial Intelligence Adalah Kecerdasan Entitas Ilmiah, Pahami Pengertiannya. Diakses pada 1 Desember 2020, dari https://www.merdeka.com/jatim/artificial-intelligence-adalah-kecerdasan-entitas-ilmiah-pahami-pengertiannya-kln.html?page=2

Dicoding.com. (Agustus 2020). Apa Itu Kecerdasan Buatan? Berikut Pengertian dan Contohnya. Diakases pada 1 Desember 2020, dari https://www.dicoding.com/blog/kecerdasan-buatan-adalah/

http://microdataindonesia.co.id/news/read/223/pengertian-artificial-intelegence-tujuan-kelebihan-kekurangannya

 


Azka HaunaDitulis Oleh : Azka Hauna

Artikel Tugas 5 SIP (Sistem Informasi Psikologi), diterbitkan oleh Azka pada hari Selasa, 01 Desember 2020. Blog ini adalah blog biasa bagi saya.. Maaf jika kurang baguss, soalnya masih pemula.. hehe link dibawah ini sebagai sumbernya, dan baca peraturan Disclaimer sebelum copy-paste.

0 comments:

Posting Komentar